.

Cara mengatasi keyboard laptop yang rusak

Cara mengatasi keyboard laptop yang rusak

Cara mengatasi keyboard laptop yang rusak

Pada dasarnya perangkat laptop atau notebook dibuat portable, dengan bentuknya yang ringkas kadang menjadi kendala dalam ketahanan produk tersebut dan membutuhkan perawatan yang ekstra. Berbeda dengan PC/ Komputer yang memang sudah teruji ketahanannya. Salah satu contoh karena bentuk laptop/ notebook yang kecil maka segala sesuatu yang berkenaan dengan laptop/ notebook itu sendiri di minimalkan atau mini, mulai dari prosesor, kipas, keyboard, ram, hdd dan lain sebagainya.

Karena memang hardware yang serba mini inilah yang menjadi kendala ketahanan perangkat tersebut dan tentunya memiliki batasan batasan pemakaian yang sewajarnya saja, dan tentunya harap maklum tidak bisa disamakan dengan penggunaan PC/ Komputer yang kuat digeber seharian full time.

Laptop/ Notebook yang jarang digunakan kadang menjadi kendala kerusakan, mulai dari keyboard yang tidak berfungsi.

Berikut ini tips cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi.
  1. Dalam keadaan Laptop/ Notebook mati coba miringkan dan bersihkan dengan menggunakan wind pump (biasanya disertakan dalam pembelian pembersih monitor) kadang tombol  papan ketik banyak kotoran dan debu yang menempel.
  2. Update driver, driver yang usang bisa menjadi kendala tidak berfungsinya keyboard dan membutuhkan versi pembaharuan. Masuk ke device manager, keyboards, kemudian update driver
  3. Apabila cara diatas masih belum teratasi, ada baiknya mencoba menggunakan keyboards virtual (digunakan untuk keadaan darurat membuka pasword dsb) 
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan keyboards eksternal PC/ Komputer, cara ini digunakan untuk mendeteksi apakah kerusakan hanya pada keyboars Laptop/ Notebook bukan yang lainnya. Apabila masih dapat terkoneksi dengan baik berarti kerusakan hanya pada keyboard Laptop/ Notebook tersebut.
  5. Apabila Anda cukup nyaman menggunakan keyboard eksternal ketimbang keyboard pada Laptop/ Notebook tersebut, tidak ada salahnya mengetik menggunakan papan ketik eksternal walau kadang tidak sedap dipandang, namun saya rasa cukup nyaman kalau dipergunakan untuk mengetik karena tombol yang besar dan tentunya bisa digunakan untuk keadaan darurat.
  6. Langkah terakhir adalah mendatangi pusat servis resmi, dan saya menyarankan untuk membeli keyboard yang original walau mungkin harganya terpaut dua atau tiga kali lipatnya, mengapa ? karena keyboard sangat rawan sekali rusak. Bila Anda menggunakan produk yang original sesuai dengan Laptop/ Notebook yang Anda gunakan setidaknya dapat meminimalisir kerusakan dalam jangka pendek (walaupun mungkin tergantung pemakainan dan perawatan juga)
Harga dan merk berbanding lurus dengan kualitas
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Mohon maaf semua komentar komentar kamu tidak langsung dipublikasikan, karena harus dimoderasi.
Klik icon untuk menampilkan emoticon

Advertiser