.

Boros kuota internet mobile ? ini penyebabnya

Boros kuota internet mobile ? ini penyebabnya

Boros kuota internet mobile ? ini penyebabnya

Internet di Indonesia sudah menjadi suatu kebutuhan, keadaan geografis juga menjadi tolak ukur harga tarif internet yang di terapkan beberapa operator telekomunikasi untuk pasang tarif untuk memenangkan konsumen, sebut saja operator si merah dengan tarif sesuai zona nya, si hitam dengan paket gratis internet malam hari gratis, lain lagi dengan si kuning dan si hijau tentu lain juga yang di terapkan dengan paket internetnya.

Sebagai konsumen memang harus cerdik mensiasati dan memanfaatkan perang tarif tersebut, tak hayal banyaknya kartu perdana yang dijual murah cukup dengan Rp. 1500 sudah mendapatkan kartu perdana dengan gratis internet selama promo.

Ada juga konsumen yang menggunakan langkah ekstrem, selalu ganti ganti (habis buang) kartu simcard hanya untuk mendapatkan kuota internet yang lebih murah.
Operator Ini murah tapi sinyal naik turun, operator Itu mahal tapi sinyal selalu fullbar, ada operator Anu murah dengan gratis internet tapi malam hari, masa mau internetan saja pakai acara begadang ?

Ini penyebab kuota cepat habis :

  1. Game online, menggunakan kuota besar saat mengunduh dan naik level selanjutnyapun diwajibkan untuk mengunduh, bila hanya sekedar bermain game saja untuk mengisi waktu luang gunakan game game ringan saja yang tidak terhubung dengan internet namun sudah pasti terdapat iklan yang tersambung ke internet namun hal itu bisa disiasati dengan mematikan akses data.
  2. Mengakses video youtube, gunakan pengaturan kualitas video 144p namun hal ini berpengaruh dengan kualitas video tersebut.
  3. Periksa aplikasi media sosial atau chatting yang tersambung dengan internet, pasang hanya yang dipergunakan saja, bila menggunakan facebook setel di pengaturan aplikasi setel video hanya bila tersambung ke wifi saja (bila perlu menayangkan cukup klik manualan saja)
  4. Bila menggunakan smartphone cek pengaturan pembaruan aplikasi dan pembaruan sistem, setting hanya tersambung ke wifi saja untuk pembaruan, bila perlu untuk pembaruan siapkan kuota lebih guna menghindari terputusnya saat mengunduh.
  5. Auto backup foto dan video, pada dasarnya smartphone dibekali dengan aplikasi auto backup foto dan video, setel pengaturan hanya bila tersambung ke wifi atau bisa mensiasati dengan memindahkan manual menggunakan flashdisk menggunakan kabel OTG atau ke perangkat komputer. 
  6. Akses lokasi/ GPS, mengaktifkan akses lokasi dan GPS juga bisa jadi pemicu cepat habisnya kuota internet, namun saya tidak menyarankan untuk menonaktifkan fitur ini bila terpaksa mematikan fitur tersebut maka Anda akan kehilangan jejak perekaman perpindahan perjalanan Anda di google map, selain itu meta tag lokasi pada saat mendokumentasikan foto atau video tidak terlacak denga GPS.
  7. Informasi cuaca dan headline berita yang berjalan di desktop smartphone juga menjadi penyebab terkurasnya kuota internet dan batre, Anda bisa menonaktifkannya atau mencopot aplikasi tersebut (bila perlu)
  8. Pasang aplikasi seperlunya saja, memasang banyak aplikasi seperti penghemat batre, anti virus, mempercepat proses charge handphone atau menghemat ram atau lain sebagainya menurut saya ini terlalu over iklan ketika menjalankan aplikasi tersebut iklan iklan bermunculan yang menyarankan untuk memasang aplikasi tersebut dan tentunya menggunakan kuota internet. Perlu diketahui bahwa perangkat smartphone teranyar sudah memiliki fasilitas tersebut.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Mohon maaf semua komentar komentar kamu tidak langsung dipublikasikan, karena harus dimoderasi.
Klik icon untuk menampilkan emoticon

Advertiser