.

Spotify bisa jadi pesaing berat  Apple music ?

Spotify bisa jadi pesaing berat Apple music ?

Spotify bisa jadi pesaing berat Apple music ?

Layanan musik streaming asal swedia Spotify yang dapat dioperasikan menggunakan desktop PC, Mobile maupun Musik PlayStation ini bisa menjadi pesaing berat Apple music sejak kehadiran kali pertama di Indonesia 30 Maret 2016 lalu, pasalnya aplikasi music on demand tersebut menawarkan kemudahan dalam hal pembayaran kepada penggunanya, terus terang saya sendiri pernah berlangganan pemutar musik online satu paket dengan sp*edy telk*m (tanpa menyebutkan merk) namun saya rasa koleksi musik dan lagu lagunya kurang update terpaksa saya harus mengakhirinya.

Sumber wikipedia mencatat bulan juni 2015 Spotify memiliki lebih dari 75 juta pengguna aktif, termasuk sekitar 20 juta pengguna berbayar. Jumlah pelanggan dibayarkan mencapai 30 juta pada Maret 2016.

Layanan musik Spotify tak jauh beda dengan Apple musik, Spotify memiliki dua akun gratis dan berbayar (personal dan keluarga), namun yang menjadi daya tarik pada Spotify adalah akses kemudahan dalam pembayaran berlangganan, biaya berlangganan selain menerima kartu kredit dan sistem pembayaran lain pada umumnya Spotify juga menerapkan potong pulsa dengan provider indosat Ooredoo.

Berikut perbedaan Spotify dengan Apple music
  1. Biaya berlangganan Apple Music untuk personal Rp. 69.000 dan Rp. 109.000 untuk satu keluarga, sedangkan Spotify Rp. 49.990 untuk personal dan Rp 79.000 per bulan dapat digunakan untuk enam akun lebih murah dari pesaingnya.
  2. Pembayaran untuk Spotify Premium tersedia melalui kartu kredit, potong pulsa untuk provider tertentu, transfer bank & ATM, Doku Wallet, Alfamart dan sistem pembayaran lainnya, namun berbeda dengan pesaingnya yang hanya menggunakan sistem pembayaran melalui kartu kredit.
  3. Apple Music gratis tiga bulan pertama untuk masa ujicoba sedangkan Spotify hanya satu bulan saja untuk masa uji coba namun masih bisa menikmati fitur gratis dengan beberapa keterbatasan seperti adanya iklan, hilangnya fitur download atau putar secara offline, dan audio yang standar dengan kualitas tidak sama dengan premium yang menggunakan audio kualitas tinggi.
Secara umum Spotify dengan Apple music memiliki kesamaan dengan kelebihan dan kekurangannya sebagai penyedia layanan music pada umumnya, dapat dipasang melalui desktop PC, smartphone ataupun perangkat lainnya yang mendukung, namun satu hal yang perlu digaris bawahi adalah kemudahan pembayaran, dimana tidak semua orang memiliki kartu kredit.

Tertarik untuk mencoba layanan music gratis, legal, aman dengan dukungan akses lagu dari belahan dunia ?
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Mohon maaf semua komentar komentar kamu tidak langsung dipublikasikan, karena harus dimoderasi.
Klik icon untuk menampilkan emoticon

Advertiser